Bahaya Root Hp Android Jika Anda Kurang Hati-hati

Bahaya Root Android

Mungkin kalian sering mendengar kawan or orang dekat kamu mungkin mengatakan “di root ajah hpnya biar bisa install ini itu”. Pernah kah? kalau pernah maka insya Allah paham yang akan kami bahas dalam pembahasan sederhana saya.

Karena yang akan kita bahas tentang bahayanya melakukan root pada hp android kamu, minimal ini adalah kemungkinan risiko yang bisa saja akan kalian dapatkan jika nekat melakukan nya. Jadi kita bukan hanya ngebahas manfaat atau kelebihan nya doang, namun juga beberapa risiko yang bisa saja terjadi agar kita bisa lebih berhati-hati lagi.

1. Gagal Sejak Awal atau Blank.

Jangan salah kawan! melakukan root pada perangkat android anda bukan dijamin pasti lancar, karena kegagalan sangat mungkin terjadi. Apalagi jika anda kurang hati-hati dalam melakukan nya.

Perangkat android anda bisa saja gagal booting yang berakibat kepada eror bahkan corrupt. Jika anda melakukan sebuah kesalahan yang berakibat gagal booting, maka jangan kaget jika kemudian hp anda malah matot atau mati total, atau bahkan justru membuat anda harus mereguh kucik lebih dalam lagi karena harus melakukan perbaikan sistem.

Memang yang harus anda perhatikan adalah kehati-hatian agar jangan sampai bukan nya mendapatkan manfaatnya malah mendapatkan kesialan. Ini adalah bahaya root pada perangkat android anda yang sangat mungkin terjadi jika anda kurang hati-hati.

2. Hilang Garansi Resmi dari Perusahaan.

Saat anda melakukan nya anda harus tahu betul, bahwa garansi resmi akan otomatis hilang atau gugur, walau seandainya anda baru saja membelinya minggu kemarin. Karena jika ada kerusakan maka itu akan di anggap kerusakan yang di sengaja.

Jadi efek negatif yang pasti kamu dapati adalah kehilangan garansi resmi sebagai risiko ngeroot perangkat android anda. Yang itu berarti jika ada kerusakan maka kamu harus membayar uang lebih buat biaya perbaikan tanpa adanya jaminan garansi. Untuk hp baru makanya sangat tidak di anjurkan, apalagi untuk hp sekarang bahkan tanpa melakukan root sekalipun sebenarnya kamu sudah mendapatkan kelebihan yang di dapat dari ngeroot hp jadul dulu.

Alasan orang ngeroot hp androidnya kan agar ruang penyimpanan RAM lebih besar, nah untuk hp-hp jaman sekarang rata-rata memiliki memori yang besar. Lalu untuk apa melakukan root, jika sudah anda dapatkan. Beda dengan hp android jaman jadul dulu, pertama kali android mulai banyak digunakan.

3. Bahaya Tidak Bisa Melakukan Update.

Dengan melakukan root pada perangkat android mungkin membuat anda bisa menghapus aplikasi bawaan, merubah tampilan, hingga melakukan install aplikasi tertentu.

Namun terkadang ada masalah saat melakukan update aplikasi atau OS android anda. Itu karena anda sudah menghapus aplikasi atau software bawaan. Itu artinya untuk memperbaharui sebuah aplikasi tidak bisa dilakukan dengan cara mengupdate secara biasa, melainkan dengan menginstall ulang versi terbaru secara manual.

Jadi sekarang apa masih mau melakukan root setelah mengetahui risiko tersebut. Memang sih ada banyak manfaat root pada android, semisal anda bisa install aplikasi tertentu dengan bebas tanpa terkendala sertifikat izin android. Kamu juga bisa install berbagai tema yang kamu suka, dll kelebihan lainnya. Namun risikonya juga harus diperhatikan ya guys.

Diterbitkan oleh Udin Somplak

WARNING !!! Jangan pernah percaya dengan apa yang dikatakan oleh Udin Somplak, semua informasi tentang teknologi, internet, mp3, musik, SEO, gosip, cancut, kutang nenek lampir semuanya bohong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *